Tumbuhnya Emphaty Pada Diri Satya Nadella- Cerita Sillicon Valley

#Microsoft

https://crickettimes.com/2020/02/microsoft-ceo-satya-nadella-reveals-his-favorite-cricketer/ (Satya Nadella (Image Source: Twitter))

Hi…bro & sist, pada artikel kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang kisah-kisah Sillicon Valley, ntah mengapa saya memang suka membaca dan mengikuti sejarah-sejarah dan orang-orang yang terlibat di Sillicon Valley, orang-orang yang menciptakan berbagai inovasi baru pada muka bumi ini.

Karena menurut saya membaca dan mengulas tentang perusahaan-perusahaan hebat dan orang-orang hebat yang bermain di Sillicon valley bisa menambah pelajaran dan sebuah motivasi, terlebih saya berada di industri teknologi jadi akan sangat berhubungan :)

Dan kali ini saya akan coba bercerita tentang sosok penekan tombol F5 (Refresh) di Perusahaan Microsoft, mengapa saya menulis tentang Satya Nadella? karena dari beberapa tokoh Sillicon Valley yang saya tahu kisah nya Satya lah yang paling berkesan dan saya mendapat banyak pelajaran dari kisah beliau. dan udah melihat langsung juga orangnya pada event Microsoft Dev Conference 2020 di Jakarta, jadi waw pengalaman sangat berharga bisa ikut/lihat langsung keynote dia hehe

Take pake Hp sendiri hehe

Satya Nadella berasal dari Hyderabad sebuah kota di India, dia terlahir dari ayah yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil dan Ibunya seorang Guru/pengajar bahasa Sanskerta atau bahasa kuno, Satya Nadella adalah seorang yang sangat gemar bermain olahraga Kriket, bahkan beliau bercita-cita ingin menjadi seorang pemain krikat profesional, namun akhirnya jadi Engineer + CEO ya guys wkwk, emang takdir gada yang tahu.

Lanjut…

Pendidikan Satya di Institut Teknologi Manipal India dan lanjut di Amerika University of Wisconsin–Milwaukee dan di University of Chicago.

Dari masa remaja Satya tidak pernah mempunyai planning untuk apa yang harus dia ambil kedepannya apalagi kepikiran masuk dan bekerja di Microsoft :).

Mungkin disini saya akan membahas lebih ke apa yang membuat emphaty itu tumbuh pada diri Satya ya guys.

Emphaty tumbuh pada diri Satya berawal dari Satya interview kerja di Microsoft, pada interview tersebut satya disuguhkan dengan pertnyaan dari interviewer Microsoft pada saat itu, duh saya lupa namanya hehe, interviewer tersebut memberikan pertanyaan kepada Satya kurang lebih speerti ini “Jika kamu berada di persimpangan jalan, dan di persimpangan tersebut ada bayi tergeletak di pinggir jalan apa yang akan kamu lakukan?” pertanyaan tersebut sontak membuat Satya berfikir sejenak dalam hati Satya “Duh algoritma yang sangat sulit dan belum pernah saya pelajari”, tak lama Satya menjawab saya ambil telepone dan coba menelpon ke 911 yaitu polisi, interviewer tersebut sontak berdiri dan mengajak Satya keluar pintu dan Interviewer tersebut mengatakan kepada Satya kamu harus menumbuhkan rasa emphaty, “Jika kamu menemukan bayi di persimpangan tersebut, yang harus kamu lakukan adalah mengendongnya dan memeluknya setelah itu baru menelpon 911”. sontak perkataan tersbut menyentuh hati Satya akan pentingnya emphaty.

Seusai proses interview tersebut Satya merasa dia tidak akan lolos untuk mendapatkan kerja di Microsoft karena Satya pikir dia tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut. namun akhirnya Satya di terima di terima di Microsoft. Satya pun aneh mengapa dia bisa di terima, padahal dia tidak bisan menjawab salah satu pertanyaan yang di berikan interviewer pada saat itu.

Satya bekerja di Microsoft sebagai Engineer, dan ya kembali lagi tidak ada plan atau terfikir untuk menjadi CEO di Microsoft. selanjutnya yang mempengaruhi tumbuhna emphaty dalm diri Satya adalah Zain, anak pertamanya. sebelum anak pertama nya lahir Satya sibuk dengan pekerjaannya dan istrinya pun yang seorang Arsitek sibuk dengan pekerjaannya, plan Satya ketika nanti anaknya lahir satya akan menjalani kehidupan yang berbeda menjadi seorang ayah dll.

https://www.q13fox.com/news/microsoft-ceo-says-sons-developmental-disability-impacted-his-leadership-everything-changed

Namun plan dan apa yang dibayangkan Satya itu tidak sesuai rencana, anak pertamanya Zain terlahir dengan mengalami cerebral palsy atau Lumpuh Otak, hal tersebut membuat Satya terpukul, bingung dengan kesibukannya dan kesbukan istrinya ditambah harus mengurus Zain. Satya bolak balik ke penitipan Anak namun pada suatu ketika Satya berada di Rumah sakit, satya tiba-tiba tersentuh karena Satya melihat semua komputer di rumah sakit tersebut menggunakan Windows, Satya merasa Microsoft telah membantu anaknya.

Pada saat itu Satya yang merasa terpukul dan frustasi dengan kehadiran anak pertamanya, sadar akan tanggung jawab seorang ayah. dan Satya dengan teknologi ingin menumbuhkan emphaty untuk semua orang didunia, membantu sesama dengan teknologi.

bagaimana kelanjutan nya? pada artikel selanjutnya saya akan menceritakan bagaimana Satya dengan Microsoft untuk beremphaty pada dunia.

oh iyah jika ada kesalahan alur cerita mohon koreksi ya guys, See you :)

Reference :

Buku Hit Refresh - Satya Nadella

https://www.youtube.com/watch?v=rtgN27z0oi0

Android Engineer

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store