Pengalaman Berjuang Jadi Nakama Software Engineer Android Tokopedia

Image for post
Image for post
https://www.tokopedia.com/blog/keunggulan-aplikasi-tokopedia/

Hello..warga para pengabdi koding..pada artikel ini saya tidak akan membahas tentang suatu teknologi atau apapun berbau teknikal, kali ini saya ingin sharing tentang pengalaman yang sangat berharga bagi saya.

kali aja bisa membuat teman-teman ancang-ancang untuk yang mau masuk unicorn dan belajar dari kesalahan-kesalahan saya

Cerita ini bermula dari suatu ketika dimana saya tengah menjadi Fresh Graduate dari Universitas Komputer Indonesia, sambil menunggu wisuda iseng-iseng mempersiapkan/nyari kerja kan biar selesai wisuda udah dapat kerja wkwk

Saya sempat buntu karena beberapa lamaran yang saya kirimkan tidak juga membuahkan hasil, saya juga sempat menyayangkan ketika kuliah saya tidak terlalu aktif dalam bergaul, saya bergaulhanya di circle kecil saja, maka dari itu ketika lulus saya hanya mengandalkan Skill dan CV saja tanpa orang dalam. karena memang sedikit kenalan hehe

Ntah berapa perusahaan yang telah saya lamar, yang berujung interview/dikacangin begitu saja, sudah tak terhingga wkwk

Pada suatu hari saya melihat sebuah lowongan pekerjaan sebagai Android Developer di perusahaan E-commerce no1 di indonesia ya..yaitu Tokopedia.

Mungkin untuk orang Non IT tokopedia pandangan nya adalah sebuah platform belanja online saja tapi bagi sebagian benak orang IT sebuah nama besar yang terkumpul orang-orang Engineer hebat didalamnya, begitu pun saya seketika melihat lowongan tersebut saya sudah ciut duluan “ini mah buat next level kalo dah kerja di suatu perusahaan baru berani apply ini” dalam hati, tapi ketika di pikir-pikir tak ada salah nya juga apply toh ga bayar kan, langsung saja tak berfikir panjang saya kirimkan CV saya pada lowongan tersebut.

Sambil menjalani interview di lain perusahaan yang sempat saya apply tiba-tiba ponsel berbunyi pada sore hari, saya langsung membuka pesan whatsapp tersebut pesan tersebut dari Recruiter Tokopedia isi pesan tersebut kurang lebih “Kami akan menindak lanjuti CV yang anda kirimkan sebagai SE-Android Tokopedia”, perasaan senang dan tidak percaya cv saya kepanggil pun menyelimuti wkwkwk

dari rekuiter nya saya di suruh mengerjakan suatu mini project dan menentukan waktu kapan bisa mulai, project tersebut berdurasi 7 hari.

pada project tersebut task nya sebagai berikut:

  1. Menyelesaikan 3 problem Algoritma dengan bahasa pemrograman

Pada task ini algoritma yang dikasih adalah diambil dari platform belajr algoritma yaitu leetcode.com, jika anda terbiasa belajar dan menyelesaikan problem-problem algoritma pada leetcode InsyaAllah bakal bisa menyelesaikan nya. kebetulan saya ada sedikit suka belajar di leetcode dan saya bisa menyelesaikan 3 problem algoritma tersebut dari level Easy, Intermediate, Expert.

2. Implementasi fitur get data Json barang toko, setelah itu implementasi Sorting filter berdasarkan harga dan kota. dan perlu di ketahui harus menggunakan pendekatan Materials design ya UI nya seperti komponen chip dll

3. Di point ketiga ini tasknya adalah implementasi Google maps android, contohnya pada test yng saya adalah ketika search lokasi bakal muncul menunjukan marker suatu negara dan mengambil data dari API yang lain agar ketika mencari negara muncul data penduduk dan informasi lainya tentang negara tersebut.

Jadi ada 3 Task besar yang harus di kerjakan, saya tak fikir panjang langsung mengerjakan task tersebut, namun pada saat itu saya terkendala di bagian sorting karena waktu dah mepet dan logika belum dapet, untuk implemntasi fitur tersebut akhirnya fitur tersebut tidak saya terselesaikan.

langsung saya mengirimkan file hasil kerjaan saya tersebut, dalam hati saya “saya ga terlalu berharap untuk kali ini soalnya ya saya mengerjakan sebisanya saja”, hari-hari tidak ada juga info dari tokopedia, sampe saya sudah lupa akan proses recruitmentnya, setlah 3 minggu kurang lebih mas recruitmentnya wa lagi ke saya, bahwa saya lolos proses koding dan dilanjutkan ke proses interview user. Saya yang ga nyangka test kodingan saya lolos, merasa bahagia walau masih jauh tahap yang harus di lalui setidak nya test kodin saya lolos kelas unicorn wkwkwkw

dari situ saya gali lebih dalam mengenai Tokopedia, dari mulai culture, visi , Misi, DNA Tokopedia saya gali untuk mendapatkan info lebih ketika interview, namun pada tahap ini bukan interview HRD melainkan Interview user yang artinya pada tahap ini bakal muncul pertanyaan-pertanyaan seputar skill.

Saya belajar algoritma yang muncul pada test saya ulas sampe kompleksitasnya, dan baca materi dicoding mengenai pengembangan aplikasi android dari kelas Pemula hingga Jetpack Pro sekitar satu minggu saya belajar, tibalah pada hari dimana saya harus interview.

Dari sejak malam saya berdo’a, supaya di mudahkan dilancarkan, rasa dag dig dug menghampiri karena harus interview di sekelas unicorn. oh iyah pada interview ini bersifat online karena sedang Covid 19.

ketika masuk room video conference yang di sediakan ada 3 orang mas-mas yang demmmm…. semua Senior Android di tokopedia. hati pun berdebar cepat karena gugup juga. pertanyaan pertama adalah mengenai Kompleksitas algoritma, perbedaan jenis-jenis algoritma dan Struktur data. dan seketika saya lupa tidak mempelajari hal-hal dasar tersebut say focus ke algoritma yang muncul pada test dan saya menjawab seadanya sebisanya dan menurut saya tidak meyakinkan jawaban saya itu :( ,blank dan keringat mulai menyelimuti karena gugup juga menghadapi expert yang saling melempar pertanyaan.

setelah pertanyaan algoritma, struktur data saya langsung ke tahap pertanyaan tentang seputar android, pada tahap ini alhamdulilah saya lebih banyak bisa menjawab, pertanyaan nya seputar perbedaan-perbedaan komponen dan sebab akibat memakai komponen tersebut seperti RecylerView dan listview, layout,Asynctask, Kotlin dan Java, memory leak, Depedency Injections, design pattern MVVM dan seputar komponen pada bahasa pemrograman Kotlin. sekita itulah yang ditanyakan, karena gugup sekali lagi, saya yang tadinya menguasai materi android seketika banyak yang tak tersampaikan.

sebelum menutup interview, interviewer pun menanyakan pengalaman kerja, dan bahwa memang saya belum ada pengalaman kerja hanya ikut organisasi dan freelance, benar-benar fresh grad. Mungkin dalam benak interviewernya “Apaan sih ini anak kecil Apply2 perusahaan unicorn, cari pengalaman dulu sana” :D

dengan hati dag dig dug interview user pun berakhir, tapi saya merasa tidak akan lolos, karena pada tahap algoritma saya begitu terbata-bata menjawab pertanyaan nya. saya hanya pasrah karena ya usaha udah.

berselang 2 minggu dari interview, ada beberapa perusahaan yang telah saya apply, saya tolak dan tidak mengerjakan test nya demi saya menunggu tokopedia.

tapi ya sesuai dugaan Tokopedia pun memutuskan tidak untuk melanjutkan recruitment saya, info tersebut di dapat pada malam selasa 26 Okt 2020 dari mas recruitment nya.

seketika perasaan saya bercampur antara sedih tidak lolos dan bangga saya seorang anak kecil yang mampu melangkah sejauh ini di perusahaan sekelas unicorn. tapi saya harus menerima kenyataan yang ada karena memang effort saya kurang mungkin dari segi skill algoritma dan pengalaman. tapi tak apa saya sangat berterimakasih banyak kepada proses recruitment tokopedia karena saya menjadi belajar keras untuk menembus tapi akhirnya belum tembus juga.

Suatu hal yang harus dikejar menjadikan saya harus lebih giat dalam belajar algoritma, kompleksitasnya dan struktur data harus kembali di perkuat.

dan oh iya yang lucu pada malam itu pada setelah ada info tidak lolos saya mendapatkan notif dari aplikasi tokopedia yang terinstal pada android saya seperti gambar di bawah

Image for post
Image for post

wkwkwk kampret ada info Cashback dan bertuliskan “HANYA SAMPAI MALAM INI” haha seakan-akan perpisahan dengan proses recruitment dengan si logo burung hijau ini :D

ingat guys kalo mau ke perusahaan unicorn ALGORTIMA Kompleksitas, STRUKTUR DATA, dan juga Skill yang anda apply contoh saya posisi Android Developer perkuat ANDROID DEVELOPMENT nya, Oh iyah CV penting yah karena untuk bisa di panggil CV nya harus bagus wkwk coba ikuti Google Coding Interview, saya implementasi tips trick cv dari panduan itu :).

TANKS PROSES NYA MANTAP, TUNGGU DI KEMUDIAN HARI PERJUANGAN BELUM SELESAI, INI BARU PERMULAAN :)

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store