Mengapa saya gunakan Linux & Bangga dengan Microsoft Windows? Saya Tidak Tertarik Mac OS!!

Image for post
Image for post

Kali ini saya tidak mau bahas tentang Kubernetes, saya ingin nulis aja alasan saya menggunakan Linux dan tidakk mau mnyentuh Mac OS. Semua dari sudut pandang saya ya.. boleh tidak setuju :)

Pertama saya bahas mengapa saya bangga pake Microsoft Windows, seperti yang sudah diketahui secara umum bahwa Windows adalah OS terpopuler di muka bumi ini, hal tersebut menjadikan Windows sangat terkesan biasa atau mainstream dikalangan masyarakat.

Image for post
Image for post
Photo by Panos Sakalakis on Unsplash

OS yang gak aneh lagi jika orang melihatnya. tidak ada kata waaaah lagi :)

kadang terkesan OS low budget dibanding OS rivalnya yang keliat mewah dan jarang pengguna. sering cuitan kepada OS ini seperti

“Windows OS Bajakan”

“Windows OS yang mudah terkena virus”

“Gampang di Hack” bahkan “Windows OS untuk orang kere”

Saya sebagai orang yang melihat Windows dari sudut pandang berbeda kadang miris melihat ini, saya bangga dengan windows dan melihat dari sudut pandang berbeda setelah membaca buku dari CEO Microsoft saat ini yaitu Satya Nadella yang berjudul “Hit Refresh”.

Dalam buku tersebut dibahas betapa mulianya culture Microsoft saat ini, menjadikan perusahaan yang mengedepankan Emphaty, Kemanusiaan.

Windows 10 dibuat untuk semua kalangan, kesetaraaan bagi yang tidak mampu sampai orang berada bisa menikmati teknologi dari Microsoft ini.

Windows sendiri bagi saya OS yang sangat luar biasa, bisa menghandle hampir semua tugas saya, dari mulai pengolahan dokumen seperti Office, dan perlu di ingat pengolah dokumen terbaik saat ini masih Microsoft Office ya :), selanjutnya untuk handle Koding dari mulai koding aplikasi Desktop,Mobile Android,Web hingga koding dalam pembuatan Game bisa dilakukan oleh Windows, dan tak lupa untuk ngegame Windows jagonya :)

Jika masalah keamanan, saya akui windows rentan akan virus dan hack, semua itu terjadi ya karena memang windows banyak penggunanya jadi hacker juga demen cari mangsa di OS windows :D

menyinggung itu juga pihak Microsoft sebenarnya bukan tidak bisa untuk mengatasi itu tapi balik lagi Microsoft peduli akan orang yang tak mampu, jika Microsoft tega untuk Windows 10 harus beli dan tidak bisa digunakan kalo tidak beli maka itu bukan kultur Microsoft :) karena tadi Microsoft mengedepankan Emphaty dan Kemanusiaan :)

tapi coba deh pake yang ber licensi insyaAllah virus akan jarang masuk k OS Windows kita, saya sudah pake yang berlicensi sekitar 3 tahun dan memang kerasa Security nya lebih protect.

Itu dari windows ya mau setuju atau engga mangga, sekarang kita bahas mengapa saya menggunakan Linux?

Image for post
Image for post

Linux OS, apa yang ada dalam benak anda ketika mendengar Lnux?

susah? ribet? harus jago koding? install aplikasi susah harus jago command line?

Haha memang semua itu ada benarnya, walaupun sekrang Linux sudah implementasi GUI tapi sebagian besar aktifitasnya masih banyak harus menggunakan Comman Line.

Pandangan saya terhadap Linux, yang saya kagum adalah bagaimana Linux menjadi Boring teknologi, yaitu semua orang mengunakan Linux tapi orang-orang tidak sadar bahwa dia menggunakan linux, contoh web keanyakan berjalan di server linux, dan tak kalah lagi Smartphone yang terbesar saat ini penggunanya adalah Android yang basenya Linux :D

saya suka dengan kegiatan OpenSource, yang mengedepankan hobi daripada uang :) banyak yang berkontribusi membuat distro-distro linux yang unik-unik.

Linux menunjang pekerjaan saya, sebagian besar aktifitas saya bisa di lakukan di Linux, apalagi buat koding udah paling no 1 lah hehe

itu juga menunjang dalam melakukan aktifitas pada kubernetes yang sama-sama OpenSource, sudah amat enak saya gunakan. Jika di windows kita harus menjalankan virtual Linux atau yang sering di kenal WSL untuk menjalankan Kubernetes, hal tersebut sangat agak menjengkelkan jika spesifikasi komputer kita kecil. tapi jika pada Linux untuk menjalankan Kubernetes kita tidak akan menemukan hal tersebut karena memang berjalan di Linux itu sendiri :)

Saya orangnya gabut hehe suka ngoprek-ngoprek kalo masalah linux kadang troubleshoot eror-eror di linux tidak menjadikan saya kapok, malah kadang lupa waktu jika ada sebuah kejanggalan dalam OS Linux yang saya gunakan.

Saya Enjoy dengan Linux, bebas berekpresi kalo di OS satu ini hehe

Sekarang kita bahas Mac OS, Kenapa saya tidak mau menggunakan nya !!

Image for post
Image for post
Photo by James McKinven on Unsplash

Saya tidak benci kepada brand Apple!!

Menurut saya Apple adalah salah satu brang yang sangat mengedepankan kenyamanan penggunanya, dari build quality brand nya pun practice kesan nya mewah karena berbahan metal dan terlihat elegan tapi Microsoft surface juag ga kalah elean deng hehe.

Saya akui itu UX nya membuat pengguna yang baru megang apple pun langsung bisa menggunakan nya.

Tapi kenapa saya tidak tertarik menggunakannya?

Alasan nya adalah kenyamanan nya tadi, sekalinya menyentuh apple akan sangat dimanjakan dengan OS nya yang mudah digunakan. Hal tersebut akan sangat membosankan bagi saya yang suka oprek-oprek, karena apa walau sama-sama base Unix sperti Linux, Mac OS tidak punya kemampuan berganti-ganti tampilan sangat secreet tidak bisa di ubah-ubah. Sedangkan saya orang nya suka oprek-oprek :D

Selanjutnya saya tidak mau terjerumus dalam ekosistem nya, sudah bukan rahasia lagi jika kita menyentuh satu produk apple akan lebih baik dan powerfull jika menggunakan brand-brand apple lagi, karena memang apple membuat sedemikain rupa terintegerasi dari satu produk ke produk lain nya.

Dan saya tidak mau hal tersebut, karena dalam hidup saya tidak ada yang bisa membuat bangga dari brand satu ini. Contoh saya kagum kepada Microsoft dengan Emphaty,Kemanusiaannya dan Microsoft sudah mengenalkan saya dari kecil perkomputeran. di Linux saya kagum dengan tidak hanya uang semata tapi memang orang-orang yang hobi melakukan opensourcing, dan juga saya menggunakan Linux anti mainstream :) jarang yang gunakan bukan dari mahalnya gadgetnya atau OS nya tapi karena harus butuh sedikit skill untuk menggunakan Linux :)

Bagi saya Microsoft Windows dan Linux mengajarkan kesederhanaan, Microsoft menanamkan kita harus selalau emphaty kepada semua orang tidak membeda-bedakan, dan Linux selalu menanamkan tidak sombong karena walau 67% pengguna internet berjalan di linux, tapi linux tidak menujukan dia hebat tapi lebih ke membangun boring teknologi yang agar orang tidak membicarakannya :)

Menjadikan saya selalu bersyukur karena untuk saya yangtak bergelimang harta, tidak selalau ngebatin ingin memenuhi hasrat untuk selalu membeli produk Apple yang over price harganya:)

itulah definisi bahagia tidak selalu tentang harta :D

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store