Kenalan Sama Kubernetes

Image for post
Image for post

Pertama-tama kenapa saya nulis tentang kubernetes? ya sebenar nya bukan udah ahli justru lagi belajar ya :) kenapa saya tulis biar tidak lupa hehe..

Langsung saja apasih Kubernetes itu? sebelum ke pengertian saya bahas sejarahnya dulu deh.

Kubernetes di kembangkan oleh Google, awalnya projek yang serupa itu adalah Borg dan Omega, namun yang paling banyak digunakan saat ini adalah Kubernetes.

Kubernetes sendiri di buat menggunakan bahasa Go-Lang, oleh tim Google dan projek ini adalah projek Open Source Ke 2 paling banyak kontribusinya setelah Linux.

Goals kubernetes adalah dia ingin jadi boring teknologi, seperti hal nya linux yang teknologi lama namun orang-orang tidak sadar bahwa semua aplikasi berjalan di linux contoh Website kebnayakan server pake Ubuntu,Debian,CentOS dll, terus aplikasi android nah android sendiri kan base kernelnya linux :) tapi user tidak bicara linuxnya kan?

begitupun Kubernetes ingin tidak lagi dibicarakan tapi semua orang pake kubernetes :) sudah ah bahas linux nya lanjut kubernetes nya wkwk

Kubernetes adalah suatu sistem untuk me manage aplikasi berbasis container. itu secara singkatnya, nah timbullagi pertanyaan apa itu container? container adalah sebuah aplikasi yang sudah di bundle jadi satu, atau bagian dari modul aplikasi.

contoh kita punya aplikasi pencatat keuangan nah kita mau aplikasi kita mudah dikembangkan di scall dan lain-lain. nah kita butuh nih memecahnya permodul atau per fitur ambil saja contoh kita pecah jadi 2 fitur, satu fitur login satu fitur simpan keuangan. pada aplikasi container kita buat dah 2 container satu buat login satu buat simpan data keuangan, agar apa? agar mudah mengembangkan jadi satu fokus pada fitur login satu fokus pada fitur simpan keuangan.

Nah untuk memanage si container tadi agar tidak pusing setup-setup Virtual Mesin, kita butuh alat yang mana alat itu adalah Kubernetes.

darimana dibuat nya si container itu? nah ada beberapa alat untuk buat container yang terkenal adalah Docker.

pasti teman-teman juga tau kan logo Docker berbentuk apa? ya Docker berbentuk ikan paus yang bawa container.

Gini aja deh biar simple si Docker diibaratkan Kapal yang bawa muatan container, nah saking banyak nya container pasti harus ada yang mebgarahkan kan? mau dibawa kemana itu container nah yang mengatur itu adalah si Kubernetes sebagai nahkoda, sesuai dengan logonya yang berbentuk kemudi dari kapal :) mudah kan? gitu sih kurang lebih ceritanya hehe semoga paham lah :D

Next Kita bahas alur kerja si kubernetes ini , InsyaAllah :)

Written by

Android Engineer | Linux User

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store