Cara Mengatur Billing Account pada Google Cloud Platform

Image for post
Image for post

Pada Artikel pertama ini saya ingin menulis tentang Google Cloud Platform, sebuah layanan Google yang akhir-akhir ini menjadi ramai pembicaraan para praktisi IT.

Berbicara tentang GCP (Google Cloud Platform) jelas sebuah layanan ini tidak lah gratis, akan tetapi kalau belum pernah daftar akan diberikan free trial 1 tahun dan ada juga yang always free namun terbatas fitur yang tersedianya, kita akan di kenakan biaya jika free trial atau penggunaan always free ini sudah melebihi kapasitas fitur yang berbayar.

Nah dari masalah tersebut bagaimana sih agar tau pemakaian kita atau tau trial kita berapa hari lagi, sisa creedit dll, langsung saja kita bahas cuy.

buka console Google Cloud Platform bisa klik link ini https://console.cloud.google.com/ pastikan anda sudah daftar trial ataupun yang langganan ya, saya ga akan bahas bagaimana cara daftar trial 1 tahun atau langganan, bisa Googling sendiri hehe.

ketika sudah berada di console, pada side sebelah kiri klik Billing

Image for post
Image for post

Setelah masuk ke billing, selanjutnya klik Link a Billing Account lalu klik Set Account. sudah deh kita bisa melihat informasi tagihan kita, masa aktif, creedit dll. seperti di bawah ini

Image for post
Image for post

Begitu sob, jadi kita bisa memantau nih penggunaan layanan yg kita gunakan :)

Android Engineer | Linux User

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store